Gejala | Perbedaan batuk rejan dan tbc

Gejala | Perbedaan batuk rejan dan tbc

by Ling Shen Yao Desember 13, 2019
perbedaan batuk rejan dan tbc

Apa perbedaan batuk rejan dan tbc ?. Walaupun keduanya sama-sama menyebabkan batuk, tetapi keduanya sangatlah berbeda.

Apa itu Batuk Rejan

Batuk rejan atau disebut juga dengan pertusis yaitu infeksi bakteri paru-paru yang dapat menular. Kodisi ini ditandai dengan batuk keras yang terjadi secara terus-menerus yang biasanya diawali dengan tarikan napas panjang lewat mulut. Batuk rejan biasanya berlangsung selama tiga bulan dan akan sangat berbahaya jika batuk ini sampai menyerang bayi dan lansia (bisa menyebabkan kematian).

Apa itu TBC

Penyakit ini disebabkan oleh  kuman Mycobacterium tuberculosis. Kondisi yang akan dialami oleh penderitanya yakni akan merasakan batuk yang berlangsung selama 3 minggu, dan biasanya berdahak bahkan sampai mengeluarkan darah.

Apa Perbedaan Batuk Rejan dan TBC

Perbedaan diantara keduanya dapt kita bedakan menjadi 3 kategori, simak di bawah ini :

1. Penyebabnya.

Telah dijelaskan sedikit sebelumnya bahwa penyebab kedua penyakit ini sangat berbeda. Batuk rejan dari infeksi yang mudah menular melalui udara. Sedangkan TBC penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis (MTB).

2. Area penyerangan penyakitnya.

Batuk rejan itu hanya menyerang area pernafasan dan hidung saja, maka tak aneh bila terdapat lendir atau ingus yang keluar dari hidung. Sedangkan TBC dapat menyerang area paru-paru , area ginjal dan tulang belakang.

3. Beda cara mencegahnya.

Cara mencegah juga berbeda. Jika anda tidak mau terkena batuk rejan ya usahakan jauhi orang yang sedang sakit batuk rejan, dan kasih tau dia suruh memakai masker. Jika tidak ingin terkena TBC maka anda harus mendapatkan suntuk vaksin, kalau bisa anda sudah mendapatan pemberian vaksin ketika masih bayi.

Bagaimana cara mengobati Batuk rejan dan TBC

Pertama-tama dokter akan melakukan tes darah terlebih dahulu untuk dapat membedakan apa  yang anda derita, apakah batuk rejan atau TBC.

Cara mengobati Batuk rejan adalah dengan memberikan obat antibiotik seperti erythromycin, clarithromycin, dan azithromycin. Namun biasanya penderita batuk rejan memerlukan infus agar cairan yang hilang dapat terpenuhi kembali

Cara mengobati TBC, penderitanya diberikan obat seperti Isoniazid, rifampisin, etambutol, dan pirazinamid. Lama pengobatannya bisa berlangsung selama 6 bulan.

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *