5 Penyebab Sulit BAB |Atasi dengan cara ini

5 Penyebab Sulit BAB |Atasi dengan cara ini

by Ling Shen Yao Desember 26, 2019
penyebab sulit bab

Penyebab sulit bab bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya akibat pola makan yang buruk, pengaru obat-obatan dan akibat dari kondisi kesehatan tertentu.

Setiap orang memang frekuensi berbeda beda jika ingin buang air besar dalam setiap hari atau perminggunya. Tidak ada patokan baku untuk BAB, biasanya itu tergantung dari makanan yang dikonsumsi.

Terus mengapa saya susah BAB padahal perut serasa ingin mengeluarkannya ?

Ada beberpa hal yang menjadi penyebab sulit BAB , diantaranya :

1. Sering menunda BAB.

Terkadang selalu ada saja alasan untuk tidak buang air besar, entah itu lagi di perjalanan ataupu takut ke kamar mandi. Ternyata menunda buang air besar justru dapat berisiko menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Jadi jangan sampai anda menunda ya, segeralah untuk pergi ke toilet.

2. Gaya Hidup.

Pola makan yang kurang sehat, seperti kekurangan serat serta kekurangan cairan, dapat memicu terjadinya konstipasi. Selain itu, perubahan pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menyebabkan susah buang air besar. Di samping itu, gangguan makan juga ikut berkontribusi terhadap terjadinya konstipasi. Malas berolahraga atau kurang aktif bergerak juga bisa mengundang konstipasi.

3. Sedang hamil.

Biasanya wanita akan mengalami sembelit selama masa kehamilan, terutama pada periode awal kehamilan. Hal ini terjadi, karena tubuh memproduksi lebih banyak hormon progesteron yang efeknya dapat mengendurkan otot, sehingga menyulitkan otot usus untuk berkontraksi.

4. Faktor psikologis.

Masalah psikis juga bisa menyebabkan anda mengalami sembelit. Misalnya stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pelecehan seksual.

5. Memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Kondisi medis tertentu juga dapat mengakibatkan anda sulit BAB. Misalnya seperti hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah, kelenjar tiroid yang kurang aktif, fisura ani, penyakit radang usus, kanker usus besar, dsb.

Cara mengatasi Susah Buang air besar

Banyak sekali hal yag menyebabkan sembelit, namun ada cara yang bisa menangani masalah tersebut, yakni dengan merubah gaya hidup anda, seperti :

  • Konsumsi serat setidaknya 18-30 gram per hari. Serat bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, ataupun sereal dan kacang-kacangan.
  • Perbanyak minum air putih, hal ini berguna untuk melunakkan tekstur tinja.
  • Jangan biasakan untuk menunda buang air besar
  • Ketika anda sulit menghejan, sebaiknya gunakan wc jongkok agar tinja mudah keluar
  • Perbanyak aktivitas fisik dan Sesederhana berjalan kaki selama minimal 15 menit sudah cukup, asalkan dilakukan secara rutin.

 

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *