Penyakit Miom | Kenali Gejala, dan Penyebabnya

Penyakit Miom | Kenali Gejala, dan Penyebabnya

by Ling Shen Yao September 02, 2019
sakit miom

Selain kanker, Penyakit Miom merupakan penyakit yang juga ditakuti oleh setiap wanita. Pasalnya miom dapat menenyebabkan nyeri dan perdarahan hebat pada saat menstruasi.


Mari kita mengenal lebih jauh tentang miom, agar anda bisa melakukan pencegaha sedini mungkin terhadap penyakit ini.

Pengertian penyakit miom

Miom atau biasa disebut sebagai leiomioma, leiomiomata, fibroid atau fibroima adalah sejenis tumor yang terbentuk di dalam rahim. Miom ini bisa muncul sebagai 1 miom atau bisa juga bergerombol berukuran kecil-kecil. Ukuran nya pun sangat beragam mulai dari kisaran 1 mm sampai 20 cm bahkan lebih.

Gejala Miom

Pada umumnya Miom tidak menimbulkan gejala apapun atau penderita menganggap bahwa ini merupakan gejala biasa. Sebab gejala nya sangat mirip ketika kita sedang menstruasi, sepertii darah yang keluar banyak, sakit perut bagian bawah, dan sering buang air kecil.

Tapi, sebtulnya gejala ini dapat dibedakan. Caranya, jika penderita merasakan gejala diatas berlangsung lebih dari seminggu, itu berarti lkemungkinan anda menderita miom.

Penyebab Penyakit Miom

Belum diketahui secara pasti penyebab datangnya miom. Namun para ahli hanya mengungkapkan bahwa miom bisa saja muncul jika hormon estrogen meningkat, misalnya ketika siklus menstruasi atau kehamilan.

Bisa juga datang dari riwayat keluarga yang memiliki miom. Jadi jika ibu atau sodara anda memiliki riwayat penyakit ini, maka kemungkinan anda juga bisa terkena miom.

Selain itu gaya hidup yang tidak sehat juga dapat meningkatkan resiko penyakit miom. Seperti, konsumsi daging merah yang berlebihan, kurangnya konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan, serta sering konsumsi alkohol, berat badan berlebihan, penggunaan KB hormonal, dan kekurangan vitamin D.

Intinya anda harus bisa mencegah penyakit ini sedini mungkin. Anda jangan berpikir akan penyakit turunan dari keluarga, yang jelas anda harus bisa menerapkan cara ini.

  1. meningkatkan konsumsi sayuran hijau
  2. Menjaga berat badan agar tidak berlebihan atau tubuh harus ideal
  3. Mengurangi konsumsi daging merah dan alkohol

Nah, itu tadi yang dimaksud dengan penyakit miom. Diharapkan bagi para wanta untuk bisa merawan organ reproduksinya dengan baik, dan jaga agar sehat selalu.

Baca Juga : Pengobatan Miom Tanpa Operasi, Mungkinkah? (Ling Shen Yao)

 

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *