Penyebab Selalu Merasa Haus !! No.4 Berbahaya

Penyebab Selalu Merasa Haus !! No.4 Berbahaya

by Ling Shen Yao Desember 20, 2019
Merasa selalu haus

Merasa selalu haus merupakan keadaan yang normal, apalagi jika tubuh sedang terkena capek, pastinya kita butuh minum. Tapi jika anda selalu merasa haus walau sudah minum, bisa jadi itu pertanda adanya masalah kesehatan pada tubuh anda.

Penasaran ada masalah apa ? Bisa jadi ini penyebabnya :

1. Dehidrasi.

Orang yang haus perlu minum air untuk mengisi tubuhnya dengan cairan. Jika tubuh anda kekurangan anda berarti sedang terkena dehidrasi. Dehidrasi bisa terjadi ketika anda mengalai diare, muntah atau sedang olahraga. Kenapa anda merasa selalu haus , ya bearti anda sedang dehodrasi dan tubuh butuh cairan.

2. Mulut kering.

Mulut kering biasanya terjadi ketika anda menjali puasa, dimana pada saat itu kelenjar di mulut Anda lebih sedikit menghasilkan air liur. Yang pada akhirya mulut anda akan kering, otomatis itu akan membuat anda haus dan ingin selalu minum.

Coba saja ketika anda sedang puasa, pasti akan merasa haus.. hehe

3. Kehilangan darah.

Wanita yang sedang haid akan mengalami kehilangan banyak darah dari tubuhnya. Ketika tubuh kehilangan banyak darah otomatis ubuh juga mengalami penurunan jumlah cairan, nah disitulah anda akan merasakan haus.

4. Diabetes.

Ada 2 jenis diabetes yang berhubungan dengan rasa haus, yakni Diabetes Melitus dan Insipidus.

Orang yang mengalami diabetes ia akan merasakan polidipsia, yakni gejala yang membuat orang selalu merasa haus.

Pada penderita Diabetes Melitus tubuh penderita tidak akan bisa menggunakan fungsi insulinnya dengan benar, sehingga akan membuat glukosa menumpuk terlalu banyak dalam darah. Glukosa tersebut lah yang akhirnya menarik lebih banyak air untuk dibuang melalui urin. Terus dibuang ,menyebabkan kita beser dan mau tak mau kita harus minum(haus) untuk mengganti cairan yang hilang.

Begitu juga dengan Diabetes Insipidus. Pada orang normal hinjal akan bekerja sesuai fungsinya, ginjal tau kapan harus membuang cairan dan kapan menyimpannya. Tapi penderita diabetes Insipisud  justru ginjalnya tidak akan berfungsi normal (bocor), jadi anda akan selalu buang air kecil terus.

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *