Mengatasi Anak Susah BAB dengan 3 cara Alami

Mengatasi Anak Susah BAB dengan 3 cara Alami

by Ling Shen Yao Oktober 01, 2019
mengatasi anak susah BAB

Bayi yang mengalami susah BAB memang tidak bisa kita anggap enteng, sebab bila dibiarkan dapat berakibat buruk bagi kesehata. Jika, anak atau bayi anda mengalami hal tersebut cobalah untuk berusaha jangan panik dalam menghadapinya. Anda bisa coba terapkan Cara Alami Mengatasi Anak Susah BAB di bawah ini :

1. Memijat Perut

Pijatlah bagian bawah pusar bayi Anda, yaitu sekitar tiga jari dari pusar , dengan lembut. Pastikan buah hati Anda rileks dan tidak kesakitan saat melakukannya. Anda bisa memijatnya lembut dengan arah pijatan melingkar dari tengah ke luar.

2. Mandikan dengan air hangat

Memandikan bayi dengan air hangat bisa membuatnya lebih rileks sehingga saluran pencernaan lebih mudah mengeluarkan kotoran. Berikan juga pijatan pada perut agar tinja lebih mudah keluar.

3. Pastikan anak selalu akif

Supaya tinja terdorong oleh usus, ajak anak untuk bergerak lebih aktif. Apabila bayi sudah bisa merangkak, maka buatlah ia merangkak sesering mungkin agar tinja terdorong dan lebih mudah keluar. Jika bayi masih belum bisa merangkak, menggerakkan kaki bayi selayaknya mengayuh sepeda juga bisa membantu.

4. Mengombinasikan makanan

Saat bayi sudah waktunya mendapat makanan padat, usahakan jangan langsung memberikan makanan yang “berat”, seperti nasi. Pilih makanan yang kaya dengan serat dan berikan porsi yang tidak langsung banyak. Untuk hasil optimal, pijat dahulu perut bayi Anda sebelum diberikan makanan.

5. Cukupi asupan cairan

Agar proses pencernaan berjalan lancar, pastikan kebutuhan cairan si Kecil tercukupi. Apabila anak anda sudah berusia 6 bulan, maka bisa diberikan lebih banyak cairan lain seperti air putih dan buah maupun sayuran yang dihaluskan. Namun, bila masih di bawah 6 bulan maka cukup berikan ASI saja.

Nah itulah ke 5 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak susah BAB,…

Semoga Bermanfaat . .

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *