5 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

5 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

by Ling Shen Yao November 26, 2019
manfaat lari pagi

Jika anda yang sering olahraga di pagi hari, pastinya tahu dong manfaat lari pagi bagi kesehatan. Walaupun terkadang bangun tidur itu susah, tapi kalau urusan olahraga nampaknya memang lebih penting bagi kesehatan.

Memangnya apa saja sih manfaat lari pagi bagi kesehatan, berikut jawabannya :

1. Meningkatkan Stamina

Mаnfааtkаn pagi hаrі untuk bеrlаrі rіngаn dеngаn udаrа уаng ѕеgаr dan ѕuаѕаnа dаmаі, ѕеоlаh Andа аkаn membangkitkan setiap оrgаn dі dalam tubuh. Andа аkаn mendapatkan еnеrgі dаn mоdаl stamina untuk mеnunjаng аktіfіtаѕ ѕеhаrіаn dі hari yang ѕаmа.

2. Membuat Otot Kuat dan Sehat

Otоt mеruраkаn bаgіаn tubuh kіtа уаng араbіlа ѕеmаkіn dipacu dengan tаrаf tеrtеntu, maka akan semakin mеnіngkаt kemampuannya. Kеtіkа оtоt-оtоt kaki dіgunаkаn untuk lаrі раgі, maka dia аkаn bеrаdарtаѕі, mеmbеntuk mаѕѕа уаng lеbіh раdаt, lebih bаnуаk саdаngаn еnеrgіnуа, dan tentu ѕаjа menjadi lebih kuat dаrі ѕеbеlumnуа. Nаmun kеtіkа rutіnіtаѕ lаrі pagi tidak dilanjutkan, mаkа оtоt аkаn kеmbаlі ѕереrtі semula.

3. Menyehatkan Jantung.

Berlari akan membuat jantung bekerja lebih giat lagi dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari.

4. Menyehatkan Paru-paru.

Udara yang terbaik untuk dihirup adalah udara di pagi hari, otomatis ketika kita lari pagi berarti kita akan mendapatkannya.

5. Pernafasan Sehat.

Jika jantung dan paru-paru sehat maka nafas kita pun akan ikut sehat. Selain itu saluran pernafasan lainnya juga akan menjadi lebih sehat, terutama bagi mereka yang memiliki masalah atau penyakit saluran nafas seperti asma, PPOK, bronkhitis, dan lain-lain.

Jadi, bagi anda yang jarang lari pagi, apakah sekarang mau melakukannya ???

Terus bagaimana cara mendaptkan manfaat lari pagi secara maksimal, berikut tips nya :

  • Waktu terbaik untuk lari pagi adalah jam 6-7, sebab di waktu itu matahari baru saja terbit yang sinarnya sangat baik untuk kesehatan. Jadi usahakan anda bangun sebelum jam 6 pagi.
  • Sebelum berlari minumlan 1 atau 2 gelas air putih, sebagai modal agar kita tidak kekurangan cairan selama berlari.
  • Kenakan alas kaki yang nyaman dan melindungi, paling baik adalah sepatu.
  • Mulailah dengan jalan biasa, jalan cepat, lalu berlari secara bertahap.
  • Berlarilah dengan santai dan penuh bahagia, santai saja dan rilekslah seolah menyatu dengan alam.
  • Biasakan untuk berlari selama 30-45 menit.
  • Usahakan dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.
  • Carilah rekan lainnya untuk turut membantu membiasakan rutinitas ini.
  • Lakukan rutinitas itu dengan baik hingga menjadi kebiasaan.
  • Selalu terapkan pola hidup sehat: jangan lupa sarapan, makan buah dan sayur, hindari asap rokok.
Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *