Benarkah Kolesterol Rendah Berhubungan dengan Kanker?

Benarkah Kolesterol Rendah Berhubungan dengan Kanker?

by Ling Shen Yao November 07, 2019
gejala kolesterol rendah

Tahukah kamu tentang gejala kolesterol rendah ? Ternyata selain kolesterol tidak boleh tinggi, rendah juga tidak bagus bagi kesehatan. Jadi kadar kolesterol itu harus stabil.

Apa itu Kolesterol ?

Kolesterol ialah senyawa lemak yang yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Nah, pada dasarnya kolewsterol itu diperlukan memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D. Namun kolesterol itu ada HDL  (kolesterol baik)  dan LDL (kolesterol jahat).

LDL berfungsi unruk mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel tubuh yang membutuhkan dan  HDL berfungsi mengangkut kolesterol kembali ke organ hati. Kolesterol akan dihancurkan didalam hati yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui kotoran.

Berapa Tingkatan Kolesterol yang tepat ?

  1. HDL (high-density lipoprotein)

Ini adalah jenis kolesterol baik, karena membantu melindungi pembuluh darah dari penimbunan lemak (plak). Minimal tingkat HDL haruslah 60 mg/dL atau lebih, jangan sampai kurang dari 40 mg/dL. Masuk akal kan kolesterol ini kan bersifat baik berarti semakin tinggi kadar akan semakin bagus.

  1. LDL (low-density lipoproteins)

Ini adalah kolesterol jahat, karena menyebabkan penimbunan plak pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Berarti kadar kolesterol LDL yang kita miliki harus rendah. Batas renda yang bisa dikatakan normakl oleh tubuh yakni kurang dari 100 mg/dL.

Jika jumlah LFL berada antara  100-129 mg/dL dapat dikatakan sebagai ambang batas toleransi, .Sedangkan LDL 100-129 mg/dL dapat dikatakan sebagai ambang batas toleransi, dan bila jumlahnya mencapai 160-189 mg/dL atau bahkan lebih dari 190 mg/dL itu sudah berada dilevel yang sangat tinggi.

  1. Trigliserida

Diluar dari kolesterol ternyata ada trigliserida yang mana ini adalah lemak yang berfungsi untuk menyimpan kelebihan energi dan dapat digunakan sebagai energi cadangan. Namun tetap kadarnya tidak boleh tinggi. Jumlah yang dikatakan tinggi yakni 150-199 mg/dL, jika lebih dari 200 mg/dL berarti sudah sangat tiinggi sekali. Intinya semakin rendah tingkat trigliserida, maka akan semakin baik untuk kesehatan. Bila kadar terlalu tinggi, justru malah mengakibatkan penimbunan lemak pada dinding arterti.

  1. Kolesterol total

Ini merupakan total keseluruhan jumlah kolesterol yang ditemukan dalam darah, yakni terdiri dari kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan 20% Trigliserida.

Untuk menggambarkan kondisi kesehatan bisa dilihat dari totalnya, dengan mengetahui total kolesterol biasanya akan ketahuan pula jumlah HDL yang kita miliki.  JIka kolesterol total berada 200 mg/dL atau lebih, atau HDL kurang dari 40 mg/dL, Anda  perlu melakukan pemeriksaan kolesterol lengkap yang mencakup LDL dan trigliserida.

Jika kadar kolesterol yang kurang dari 200 mg/dL itu masih bisa ditoleransi, apabila jumlahnya 200-239 mg/dL berarti sudah masuk ambang batas tinggi, sedangkan 200-239 mg/dL.

Bagaimana jika kolesterol rendah 

Jika ada yang menanyakan tetang gejala kolesterol rendah, yang berarti dilihat dulu kolesterol mana yang ditanyakan. Bila kolesterol baik yang rendah (kurang dari 40 mg/dL) , maka bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Agar tidak membuat anda pusing intinya, semakin tinggi HDL maka akan semakin baik bagi kesehatan dan semakin rendah LDL juga akan semakin baik bagi kesehatan.

Bagaimana tentang hubunan antara kanker dengan kolesterol

Hmm,, nampaknya penelitian harus memerlukan penelitian lanjutan. Itu hanya sebuah anggapan saja, bahwa jika kadar berkurangnya kadar kolesterol dapat berpengaruh pada proses perkembangan sel kanker.

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *