Perhatikan !! Ciri-ciri ini Bisa Jadi Penyakit Kuning

Perhatikan !! Ciri-ciri ini Bisa Jadi Penyakit Kuning

by Ling Shen Yao Oktober 28, 2019
ciri penyakit kuning

Ciri Penyakit Kuning – Jaudice atau yang lebih dikenal dengan penyakit kuning adalah penyakit yang mudah untuk dikenali. Sesuai dengan namanya, penyakit kuning umumnya adalah ketika kulit dan bagian putih pada mata penderita mulai menguning.

Penyakit yang bisa menyerang siapapun ini umumnya tidak membahayakan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus penyakit ini harus mendapat penanganan khusus agar kadar bilirubin tubuh cepat kembali ke angka normal.

Penyebab penyakit Kuning

Penyebab utama dari penyakit kuning ialah terlalu banyaknya jumlah kadar bilirubin di dalam tubuh.

Setiap bayi baru lahir sejatinya memiliki kadar ‘kuning’ dalam darah. Namun bayi bisa saja terkena penyakit kuning, tergantung dari beberapa kondisi di bawah ini:

  • Perbedaan golongan darah antara ibu dan bayi, khususnya pada ibu dengan golongan darah O dan bayi bergolongan darah A atau B. Selain itu, perbedaan Rhesus (Rh positif atau negatif) antara ibu dan bayi juga bisa menjadi faktor
  • Kelainan pada sel darah merah, misalnya sel darah merah yang lebih cepat hancur. Kondisi ini akan mempertinggi risiko bayi kuning.
  • Jumlah sel darah merah terlalu banyak (polycythemia) atau adanya lebam besar di kepala (cephalohematoma).
  • Lahir prematur, yaitu bayi yang lahir ketika usia kehamilan kurang dari 37 minggu.
  • Kurang mendapat asupan air susu ibu (ASI). Faktor ini mungkin terjadi karena ASI yang sulit keluar di hari-hari pertama kehadiran bayi.

Ciri penyakit kuning akan ditandai dengan menguningnya bagian wajah, kulit wajah, dan bagian putih mata bayi. Warna kuning tersebut kemudian akan merembet ke bagian dada, perut, tangan dan kakinya. Bayi pun akan sering tampak mengantuk, lemas, rewel, dan sulit menyusui

Ciri-ciri Penyakit Kuning Pada Anak

Bayi anda tidak lahir prematur, belum tentu juga bisa terhindar dari penyakit kuning . Anak-anak pun dapat terserang penyakit ini. Ada beberapa faktor yang memengaruhi risikonya tentu berbeda dan bisa meliputi:

  • Konsumsi makanan atau minuman yang tidak bersih. Ini merupakan salah satu penyebab umum dari penyakit kuning pada anak.
  • Infeksi pada organ hati sehingga menyebabkan peradangan.
  • Sindrom Gilbert yang mengganggu fungsi normal hati.
  • Anemia hemolitik yang menyebabkan sel darah merah cepat hancur.
  • Hepatitis A, B, atau C yang menyerang fungsi hati.
  • Anemia sel sabit.

ciri penyaki kuning juga ditandai dengan gatal pada kulit, demam, mulut terasa pahot, sering merasa lelah, tinja berwarna pucat, dan berat badan menurun drastis. Nah, Jika anda melihat anak-anak atau bayi mengalami gejala diatas, sebaiknya segera hubungi dokter, agar dilakukan penanganan secepatnya.

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *