4 Cara Aman Menghindari Racun Bayam

4 Cara Aman Menghindari Racun Bayam

by Ling Shen Yao Desember 23, 2019
cara menghindari racun bayam

Benarkah Bayam Mengandun Racun ? Bagaimana cara menghindari racun bayam ?

Sayuran hijau ini memang sangat menyehatkan dan menjadi sumber pembangkit tenaga bagi tubuh sebab didalanya terkadung berbagau nutrisi seperti  vitamin A, C, zat besi dan folat. Namun sayangnya seperti yang dilansir dari fix.com bayam juga mengandung asam oksalat yang sangat tinggi didalamnya.

Tidak hanya pada bayam saja , asam oksalat juga terdapat pada jenis sayuran lainya. Zat ini bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti batu ginjal tekanan darah rendah, tremor atau kejang, muntah, denyut nadi lemah dan berbagai jenis nyeri.

Cara Terhindar Dari Racun Bayam

Bayam bagus kok untuk di konsumsi popeye juga suka..he

cara menghindari racun bayam

Ada cara menghindari racun bayam dengan tepat yaitu dari cara mengolahnya dan mengonsumsi nya, perhatikan tips ini :

1. Cuci bayam sampai benar-benar bersih.

Ketika mencuci bayam jangan asal bersih saja. Cara yang tepat yakni cuci dan potong-potonglah per lembar tiap daunnya. Karena bayam biasanya dipanen dengan akarnya, dan daunnya cukup dekat dengan tanah ketika masih ditanam. Jadi, bayam bisa saja sudah terkontaminasi oleh bakteri dan telur cacing. Sebelum dimasak sebaiknya rendam dulu bayam dalam larutan cuka untuk mematikan kumannya.

2.Masak dengan suhu yang rendah.

Usahakan jangan terlalu matang saat masak bayam, cukup dengan suhu rendah saja. Nah, ketika hampir mendekati matang, sebaiknya matikan kompor. Nanti, suhu pada kuah yang masih panas akan mematangkan bayam hingga sempurna.

Intinya, bayam tidak boleh mentah dan tidak boleh terlalu matang.

3. Perbanyak konsumsi air putih.

Setelah anda mengonsumsi bayam, perbanyaklah minum air putih. Hal ini berguna untuk  membantu mendorong zat racun dalam bayam agar terbuang melalui air seni.

4. Konsumsi buah yang berasa asam.

Hal ini dimaksudkan agar oksalat (dari bayam) dalam tubuh dapat dipecah oleh kandungan asam dari buah yang anda makan. Ada banyak buah yang berasa asam, contohnya jeruk, kedondong, ceremai, markisa, sirsak, dan masih banyak lagi.

Nah itu tadi cara mengolah sekaligus mengonsumsinya. Coba pelajari jangan sampai salah, sayang banget kan jika kita makanan sehat berubah menjadi racun.

  • Catatan

Jangan sampai meletakan bayam mentah diruangan terbuka dan terkena udara panas. Sebab akan membuat daun bayam menjadi layu. Simpanlah dalam lemari pendingin dengan wadah tertutup yang berventilasi untuk menjaga kesegarannya.

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *