4 Cara mengatasi susah BAB pada Ibu Hamil

4 Cara mengatasi susah BAB pada Ibu Hamil

by Ling Shen Yao Oktober 25, 2019
cara mengatasi susah bab pada ibu hamil

Cara mengatasi susah bab pada ibu hamil – Sulit BAB meupakan suatu masalah yang sudah tidak aneh lagi di alami oleh ibu hamil. Kondisi ini dinamakan dengan konstipasi, atau mengerasnya feses sehingga menimbulkan kesulitan saat buang air besar.

Memang agak riskan juga sih, bila susah air dialami. Dampaknya membawa pengaruh buruk pada ibu, di antaranya:

  • Wasir
  • Ibu jadi terlalu sering mengejan
  • Otot-otot pada pembuluh darah di anus jadi melemah.
  • Perasaan ketidaknyamanan selama buang air
  • Perut jadi sakit atau kembung

Bagaimana cara mengatasi susah BAB pada Ibu Hamil ?

Selain menggunakan obat-obatan dari resep dokter, para bumil juga bisa mencoba cara sederhana dan alami, yaitu :

1. Perbanyak minum air putih.

Umumnya manusia memerlukan 8 gelas air setiap harinya. Namun bagi ibu hamil lebih baik konsumsi air itu ditambah menjadi 12 gelas setiap harinya. Air sangat diperlukan oleh tubuh ibu hamil guna melancarkan proses pencernaan pencernaanya.

2. Atur pola makan.

Jangan makan dengan porsi yang besar dalam satu waktu atau sekaligus. Lebih baik anda membagi makanannya jadi 5 hingga 6 kali makan untuk membantu proses pencernaan. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan jadi tak harus kerja ekstra di sekali dua kali asupan makanan, yang biasa terjadi bila ibu hamil makan dengan porsi besar sekaligus dalam 1-2 kali makan.

3. Konsumsi makanan menganadung serat.

Saat sembelit terjadi, asupan serat mampu memberikan nutrisi vitamin dan antioksidan tambahan bagi si ibu hamil. Dengan begitu sistem pencernaan akan kembali normal, sekaligus mencegah terjadinya sembelit. Ada banyak makanan yang memiliki serat tinggi, seperti buah, sayur, kacang, sereal dan gandum.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga 3 kali dalam seminggu, 20 hingga 30 menit setiap kalinya mampu merangsang proses kerja sistem pencernaan ibu hamil. Jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui olahraga apa yang sebaiknya dilakukan.

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *