Bahaya Cacing Pita Bila Masuk Kedalam Tubuh

Bahaya Cacing Pita Bila Masuk Kedalam Tubuh

by Ling Shen Yao Desember 20, 2019
Bahaya Cacing Pita

Anda harus tahu tentang bahaya cacing pita , pasalnya bila cacing tersebut bersarang dalam tubuh akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Bagaimana Cacing Pita Bisa Masuk Kedalam Tubuh ?

Ini penting untuk anda ketahui, cacing kok bisa masuk kertubuh.

Orang yang terkena cacing berarti ia terkena infeksi cacing atau dalam bahasa medisnya Taeniasis. Penyebab terinfeksi cacing ada dua yaitu berasal dari daging sapi (Taenia saginata) dan daging babi (Taenia solium).

Cacing akan masuk kedalam tubuh bersama makanan yang kita konsumsi entah itu daging sapi atau babi yang sudah terkontaminasi. Kepala cacing pita akan menempel di dinding usus halus, tumbuh besar dan kembang biak disana. Cacing hidup dengan menyerap gizi makanan yang Anda makan sehari-hari.

Akan menjadi lebih bahaya jika cacing sudah meneteskan telur, otomatis virus akan berambah banyak. Telur tersebut akan dikeluarkan bersama feses, akan tetapi kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami mual, lemah, nafsu makan menurun, dan diare.

Tapi, itu hanya gejala awalnya saja. Cacing bisa bertahan hingga puluhan tahun di dalam tubuh manusia maka dari itu jika sampai ada didalam tubuh akan sangat membahayakan.

Apa saja bahaya cacing pita bagi kesehatan, simak di bawah ini :

1. Menimbulkan Alergi.

Alergi ini bisa menimbulkan kista loh..

Cacing yang bersarang di dalam tubuh lama-kelamaan akan membesar. Jika cacing pecah, maka ia akan menyebarkan banyak larva didalam tubu. Nah, larva itulah yang kemudian bisa menghasilkan kista tambahan.

2. Menyumbat organ pencernaan.

Cacing yang sudah tumbuh membesar bisa menyebabkan penyumbatan pada usus, saluran, empedu, dan usus buntu.

3. Komplikasi fungsi organ.

Bukan hanya pada organ pencernaan saja, cacing yang bersarang terlalu lama bisa mempengaruhi organ tubuh lainnya. Larva parasit bisa juga mencapai organ jantung dapat menyebabkan aritmia jantung atau bahkan gagal jantung.

Pada kasus lainnya, cacing pita juga bisa menginfeksi mata yang menyebabkan hilangnya penglihatan atau kebutaan.

4. Gangguan sistem saraf pusat.

Cacing pita yang mencapai otak akan menyebabkan gangguan sistem saraf pusat yang bisa membuat penderitanya mengalami kejang-kejang.

Bagaimana , bahaya kan? Pastinya anda tidak mau kan terinfeksi cacing pita.

Cara Mencegah Infeksi Cacing Pita

Ada tips yan perlu anda perhatikan agar tidak terinfeksi :

  1. Selalu cuci tangan jika sudah makan, memegang makanan atau habis ketoilet. Takutnya cacing menempel ditangan anda dan berpindah kemakanan atau sebaliknya.
  2. Cuci setiap bahan makanan dengan air mengalir hingga benar-benar bersih.
  3. Masak daging pada suhu minimal 63 derajat Celcius untuk membunuh telur atau larva cacing pita. 4. Bеkukаn daging ѕеlаmа 7 ѕаmраі 10 hаrі dаn ikan minimal 24 jаm dі dalam frееzеr dеngаn ѕuhu – 35 derajat Celcius untuk mеmbunuh tеlur dаn lаrvа cacing.
  4. Hindari konsumsi daging yang mentah, baik itu daging babi, daging sapi, maupun ikan.

 

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *