5 Tanda Kanker Rahim

5 Tanda Kanker Rahim

by Ling Shen Yao Juli 28, 2020

kanker rahim

Kanker rahim merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Bagaimana tidak, rahim yang berfungsi sebagai salah satu organ reproduksi wanita ini tentu menjadi bagian paling penting bagi wanita untuk melanjutkan garis keturunannya. Namun sayangnya kanker rahim bisa terjadi pada siapapun, meski dia tidak memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalaminya.

5 tanda kanker rahim

Berikut tanda-tanda kanker rahim yang perlu kita perhatikan :

1. Terjadi keputihan yang berbau

Salah satu tanda-tanda kanker rahim yang umum dialami adalah terjadinya keputihan yang berbau. Pada umumnya keputihan yang normal akan berwarna jernih, tidak berbau dan jumlahnya tidak berlebihan. Akan tetapi ketika seorang wanita mengalami keputihan yang berwarna merah muda atau coklat, yang disertai darah dan memiliki bau busuk maka itu bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem reproduksi yang salah satunya bisa disebabkan kanker rahim.

2. Pendarahan yang tidak normal

Pendarahan yang tidak normal yang dialami seorang wanita juga merupakan salah satu tanda-tanda kanker rahim yang sering terjadi. Pendarahan tidak normal di sini maksudnya adalah terjadinya pendarahan ketika seseorang sudah menopause, terjadinya perdarahan diantara siklus menstruasi atau juga terjadi pendarahan setelah seseorang berhubungan seks.

3. Nyeri ketika buang air kecil

Adanya rasa nyeri saat seseorang buang air kecil juga dianggap sebagai salah satu tanda-tanda kanker rahim, meskipun hal ini jarang terjadi. Rasa nyeri yang terjadi saat buang air kecil ini disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker yang menekan kandung kemih dan saluran kemih

4. Nyeri saat berhubungan seksual

Selain rasa nyeri saat buang air kecil, tanda-tanda kanker rahim lainnya adalah munculnya rasa nyeri ketika seseorang berhubungan seksual. Rasa nyeri ini pada umumnya juga disertai dengan adanya pendarahan setelah melakukan hubungan seksual

5. Nyeri Panggul

Munculnya rasa nyeri pada panggul juga bisa menjadi tanda seseorang mengalami kanker rahim. Rasa nyeri pada panggul ini biasanya disertai dengan adanya rasa sakit pada perut bagian bawah. Rasa nyeri ini bisa muncul tiba-tiba, kadang berkepanjangan atau pun hanya sebentar-sebentar.

5 tanda kanker rahim

Jadi itulah 5 tanda-tanda kanker rahim yang perlu kita perhatikan. Selain tanda-tanda itu ada beberapa hal lainnya yang mungkin dialami sebagai tanda munculnya kanker rahim, yakni hilangnya nafsu makan, munculnya rasa lelah yang tidak diketahui penyebabnya, terjadinya penurunan berat badan secara tiba-tiba, ada rasa nyeri pada punggung, rasa nyeri pada kaki bahkan hingga munculnya pembengkakan pada kaki.
Nah apabila kita mengalami beberapa tanda-tanda seperti diatas dan bahkan sampai mengganggu kegiatan sehari-hari maka sebaiknya periksakan diri anda ke dokter. Dengan demikian anda bisa mendapatkan penanganan lebih cepat serta diagnosa yang lebih jelas.

Social Shares

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *