5 Gejala Kanker Rahim

5 Gejala Kanker Rahim

by Ling Shen Yao Agustus 27, 2020

Gejala kanker rahim merupakan organ reproduksi pada wanita yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Sebab fungsi utama rahim adalah tempat tumbuh dan berkembangnya janin sebelum lahir. Jika rahim mengalami berbagai gangguan atau penyakit maka tentu itu sangat berbahaya bagi seorang wanita. Salah satu penyakit yang ditakuti oleh wanita dan berkaitan dengan rahim adalah kanker rahim.
Penyebab dari kanker rahim belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat memicu diantaranya adalah :

1. Berusia 60 tahun ke atas
2. Mengalami menstruasi pertama sebelum berusia 12 tahun
3. Memiliki berat badan yang berlebih
4. Menderita diabetes dan tekanan darah tinggi
5. Menderita tumor ovarium atau sindrom ovarium polikistik
6. Memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker rahim
7. Pernah melakukan terapi radiasi pada panggul
8. Mengkonsumsi obat tertentu seperti obat hormone estrogen tanpa progesterone
Lalu untuk mengetahui apakah anda mengalami kanker rahim atau tidak, itu bisa diketahui dengan memperhatikan gejala kanker rahim yang mungkin anda alami.

Berikut adalah beberapa gejala kanker rahim yang bisa terjadi:

1. Mengalami rasa nyeri saat buang air kecil

5 tanda kanker rahimSalah satu gejala kanker rahim yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah munculnya rasa nyeri saat buang air kecil, atau ada juga yang mengalami efek kesulitan buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh posisi rahim yang berdekatan dengan ginjal serta kandung kemih. Terjadinya perkembangan sel kanker pada dinding rahim bisa menekan organ-organ lain yang ada disekitarnya.

2. Mengalami rasa nyeri pada perut dan pinggang

5 Gejala Kanker Rahim
Terjadinya kasus kanker rahim yang berkembang pada dinding adenoid rongga rahim biasanya dapat memicu gejala kanker rahim berupa adanya rasa nyeri pada bagian perut dan pinggang yang dialami oleh pasien. Gejala seperti ini biasanya akan muncul kadang-kadang, dan paling sering terjadi ketika pasien selesai melakukan aktivitas seks. Kalau pasiennya adalah seorang wanita yang masih dalam usia subur maka rasa nyeri ini akan semakin kuat ketika dia dalam masa menstruasi.

3. Menstruasi berat

mens
Munculnya kanker rahim juga bisa dilihat dengan adanya gejala terjadinya menstruasi yang berat. Hal ini terjadi ketika seseorang mengalami periode menstruasi yang panjang dengan darah yang dikeluarkan sangat banyak. Meskipun dinding endometrium tidak terinfeksi, tetap saja adanya kerusakan pada dinding rahim bagian luar akan mempengaruhi dinding dalam rongga rahim.

4. Terjadi pendarahan

Selain mengalami gangguan saat menstruasi, salah satu gejala kanker rahim lainnya yakni terjadi pendarahan tidak normal yang dialami seorang wanita. Seperti terjadinya pendarahan pada masa menopause, pendarahan setelah melakukan hubungan seks atau juga pendarahan diantara masa siklus menstruasi

5. Perut membesar

Jaringan ligamen yang terdapat pada rongga rahim yang mengalami efek inflamasi karena invasi sel kanker biasanya akan menyebabkan pembengkakan. Hal ini dapat menyebabkan wanita yang mengalami kanker rahim akan tampak memiliki perut besar yang sedikit terasa keras
Jadi itu 5 gejala kanker rahim yang perlu kalian perhatikan. Jika gejala tersebut terus berlanjut dan semakin mengganggu sebaiknya cepat lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosa lebih jelas dari dokter.

Social Shares

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *